Bloggeria

Bloggeria

Sabtu, 06 Juni 2015

Komunikasi Bisnis

Pendahuluan
A.        Latar Belakang
            Dalam rangka memperingati hari jadi Resto dan Cafe Ayam Pintar turut serta memperingati event ini, salah satu cara untuk menarik minat masyarakat yaitu dengan cara menjalankan komunikasi bisnis dengan Resto City of Bonds bertema kan seluruh dekorasi dan makanannya berbentuk tengkorak. Pada kegiatan event ini, kerja sama yang dijalin adalah kreativitas keperpustakaan yang akan disulap dengan tema yang tidak umum. Untuk itu, hiasan, pernak-pernik serta atribut keperpustakaan Ayam Pintar akan disulap menjadi tema tengkorak.
Usaha Cafe dan Resto merupakan salah satu bidang usaha yang paling banyak di Indonesia. Usaha ini dapat dijumpai hampir disemua daerah di Indonesia. Masyarakat lebih mengenal dengan wisata Kuliner yang menyajikan makanan khas Indonesia. Melihat bahwa masih terdapat apresiasi yang cukup tinggi dalam makanan tradisional Indonesia, oleh karena itu kami turut serta dalam menambah variasi keanekaragaman makanan tradisional Indonesia dengan ciri khas dalam menu – menu yang disajikan.
Kerja sama komunikasi bisnis yang dijalin adalah dekorasi keperpustakaan City of Bones, tanpa mengubah menu makanan dan menambah menu minuman  Resto City of Bones, memberikan bantuan dekorasi ruangan serta pernak – pernik tengkorak untuk perpustakaan Ayam Pintar.
            Dalam kepustakaan buku, ditata oleh lulusan dan para pelajar jurusan sastra untuk menambah nilai pengetahuan buku. Buku – buku terdiri dari karangan ilmiah dan non ilmiah populer seperti novel, komik, roman, biografi dsb. Dalam menambah variasi buku, dapat dilakukan Secondhand books giving oleh para pelanggan. Buku – buku yang sudah lama atau tidak digunakan dapat disumbangkan ke restoran. Para pegawai wajib memberi informasi dan mengetahui persyaratan dan tata cara peminjaman buku dan pengelolaan buku.
            Dalam kegiatan hari jadi Ayam Pintar yang pertama, akan diberikan sejumlah kupon diskon, diskon buku serta hadiah pernak pernik dari City of Bones.
B.         Manfaat Usaha
·         Manfaat Ekonomi
         Dengan adanya komunikasi bisnis, manfaat ekonomi yang di peroleh adalah keuntungan bagi kedua owner usaha yang di jalankan.  Meningkatkan nilai promosi usaha. Diharapkan dapat merekrut pegawai dari lingkungan terdekat yang memiliki skill yang baik dan pendidikan pula demi membangun  usaha kreatif ekonomi rakyat.

·           Manfaat Sosial
Kerja sama yang terjalin akan bermanfaat untuk dapat menarik perhatian masyarakat. Dalam kerja sama ini, usaha ini tidak membatasi pada golongan tertentu, malah sebaliknya diharapkan berbagai lapisan masyrakat dapat mengunjungi restoran ini.
C.        Rumusan Masalah
            Demi memperoleh data yang memuaskan, maka  harus merumuskan data sebagai berikut:
·         Menganalisa apakah sudah ada komunikasi bisnis antara resto dan perpustakaan restoran sebelumnya?
·         Jika sudah ada, apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada pada usaha sebelumnya?
·         Apakah perlu usulan dalam peningkatan pelayanan terhadap konsumen, terutama yang berhubungan dengan perpustakaan restoran?
·         Apakah pelayanan terhadap customer dapat meningkat ?
D.        Produk
            A.        Food
·         Ayam
·         APE (Ayam Penyet Enak) sambal ijo
Menyajikan ayam penyet khas Indonesia disajikan dengan sambal ijo yang pedas. Banyaknya cabai dapat di minta oleh pelanggan.
·       APR (Ayam Penyet Ria) sambal kecap manis
Menyajikan olahan ayam penyet dengan bumbu kecap manis
·       Ayam Rica Gembria
Menyajikan olahan ayam rica – rica pedas
·       Ayam Bakar Setan
Olahan Ayam bakar pedas dengan salad
·       Ayam Panggang Gila
       Disajikan dengan bumbu kecap dan saus pedas serta sayuran
·        Ayam Goreng Empuk
Olahan ayam yang di goreng dengan bumbu khas restoran
·       Ayam krispi
Olahan ayam krispi yang renyah dan gurih disajikan dengan sambal khas restoran dan salad lengkap
·        Soto Ayam / Daging
·        Soup Ayam / Daging
·        Sate Ayam
·        Snack Classic
·        Steak Ayam Krispi / chicken double crispy
B.         Beverages
·       Soft Drinks
·       Teh Manis
·       Teh Tarik
·       Serba Serbi kopi
·       Serba Serbi jus
·       Soda Gembira
·       Es Campur Ayam Pintar
E.      Analisa SWAT
          A.        Faktor Internal
        Keunggulan dari komunikasi bisnis yang terjalin adalah melahirkan kreatifitas baru antara usaha resto dan perpustakaan. Keunggulan produk restoran ini dengan nama “Ayam Pintar” memiliki nilai daya tarik  yang tinggi bagi masyarakat. Membuka kreatifitas baru restoran yang menyajikan perpustaan sekaligus.  Dengan berada dilingkungan kampus dengan harga yang terjangkau maka semakin menarik keinginan masyarakat untuk berkunjung.
        Kelemahan produk yaitu makanan memfokuskan pada menu ayam, sehingga konsep makanan serba ada bukan konsep dari restoran ini. Pengunjung yang datang bisa dari para pencinta ayam dan memang memenuhi kebutuhan makan sehari – hari dalam hal importance. Namun, masyarakat vegetarian tentunya tidak akan makan ditempat ini.
B.         Faktor Eksternal
       Tentunya masayarakat Indonesia mahir dalam hal inspirasional dan inovatif produk. Dapat   diprediksi bahwa akan ada pesaing – pesaing yang datang serta menjalin kerja sama dalam bidang yang sama.

F.         Rencana Usaha
            a.         Jangka Panjang
         Usaha “Ayam Pintar” diharapkan menjadi usaha yang baru di masyarakat. Menambah dan turut serta dalam usaha ekonomi serta dunia pengetahuan. Dalam jangka panjang, usaha ini tetap berdiri melahirkan owner yang turun temurun serta sudah mendarah daging bagi masyarakat dengan generasi seterusnya.
            b.         Jangka Pendek
         Usaha jangka pendek diharapkan usaha ini dapat sukses menjalin kerja sama. Dalam event tahunan, rencana yang akan dijalankan setahun sekali. Pada jangka pendek, kegiatan besar – besaran di laksanakan seharian.
G.        Analisis Pasar dan Pemasaran
        Segementasi pasar adalah masayarakat dari semua kalangan. Produk yang diunggulkan adalah olahan ayam dan kepustakaan.
H.        Strategi Pemasaran
                      Strategi pemasaran dilakukan dengan cara menekankan promosi dengan:
a.             Sosial media
                           Melalui sosial media, promosi dilakukan dengan melalui BBM, Instagram, Line, Twitter dan Facebook
b.             Penyebaran brosur dan spanduk serta broadcasting melalui radio lokal

                        Dalam metode ini, masyarakat akan mengetahui dan memperhatikan brosur atau spanduk pada saat melewati jalan, akan diberikan langsung oleh petugas yang memberi di jalan.
                        Broacasting di Radio dengan menggunakan modal usaha untuk strategi pemasaran ini. Diharapkan dengan intensitas iklan, masyarakat menjadi penasaran dan ingin mengunjungi Ayam Pintar.
              c.       Mulut ke Mulut
                        Apabila masyarakat puas dalam pelayanan yang didapat, maka masyarakat akan meng share apa yang telah mereka dapat dan mengajak mereka untuk ikut mencicipi cita rasa masakan di Ayam Pintar.
I.          Langkah – Langkah Promosi
                      Demi meningkatkan kuantitas pelanggan yang datang, akan dilakukan promosi melalui kupon diskon, kupon diskon buku serta souvenir dari resto City of Bones.
J.          Analisis Operasional
·         Modal Awal  : Rp. 110.000.000
·         Perlengkapan Masak dan Makanan         : Rp. 60.000.000
·         Perlengkapan Keperpustakaan                 : Rp. 20.000.000
·         Sewa Tempat                                                            : Rp. 20.000.000
·         Wifi                                                                : Rp. 500.000
·         Ac 3 buah                                                      : Rp. 6.500.000
·         Biaya Tak Terduga                                      : Rp. 3.000.000
K.        Daftar Harga
            A.        Food
·      APE (Ayam Penyet Enak) sambal ijo                    Rp. 13.000
·       APR (Ayam Penyet Ria) sambal kecap manis    Rp. 13.000
·       Ayam Rica Gembria                                                Rp. 13.000
·       Ayam Bakar Setan                                                    Rp. 13.000
·       Ayam Panggang Gila                                              Rp. 13.000
·       Ayam Goreng Empuk                                             Rp. 13.000
·       Ayam krispi                                                              Rp. 14.000
·       Soto Ayam / Daging                                               Rp. 12.000
·      Soup Ayam / Daging                                              Rp. 12.000
·       Sate Ayam                                                                 Rp. 12.000/porsi
·       Snack Classic                                                            Rp. 3.000                   
·       Steak Ayam Krispi / chicken double crispy       Rp. 17.500
B.         Beverages
·       Soft Drinks                                                                Rp. 6.000
·       Teh Manis                                                                 Rp. 3.000
·       Teh Tarik                                                                   Rp. 5.000
·       Serba Serbi kopi                                                       Rp. 6.000
·       Serba Serbi jus                                                          Rp. 6.000
·       Soda Gembira                                                           Rp. 6.500
·       Es Campur Ayam Pintar                                         Rp. 7.000
C.         City of Bones
Bad Blood Float                                                        Rp. 25.000
milkshake (Strawberry, Chocolate, Vanilla)         Rp.  15.000
Hot/ Cold Death by chocolate                               Rp. 45.000
Dark Coffe Bone Cup                                              Rp.  25.000
Tea Bone Cup                                                           Rp.   17.000
Milk Blood Bone Cup                                             Rp.   25.000
Espresso Bone Cup                                                 Rp.   55.000
Moccachino Bone Cup                                            Rp.   50.000

L.         Ketentuan Peminjaman Buku Ayam Pintar
               Para pelanggan dengan mudah menikmati fasilitas dan kenyamanan membaca di perpustakaan Ayam Pintar sekaligus dapat meminjam buku yang tersedia, maka ketentuan yang harus diketahui oleh pelanggan yaitu:
·         Peminjaman dilakukan dengan menunjukan kartu identitas
·         Peminjaman buku selama seminggu, apabila melewati batas hari yang akan ditentukan maka akan dikenai denda sebagai berikut:
a. Rp. 500 untuk perharinya
b. Rp. 1.000 apabila melewati seminggu
·         Apabila terjadi kehilangan, pelanggan diharapkan mengganti buku yang sesuai dengan harga buku yang hilang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar