Pendahuluan
A.
Latar Belakang
Dalam rangka memperingati hari jadi
Resto dan Cafe Ayam Pintar turut serta memperingati event ini, salah satu cara
untuk menarik minat masyarakat yaitu dengan cara menjalankan komunikasi bisnis
dengan Resto City of Bonds bertema
kan seluruh dekorasi dan makanannya berbentuk tengkorak.
Pada kegiatan event ini, kerja sama yang dijalin adalah kreativitas
keperpustakaan yang akan disulap dengan tema yang tidak umum. Untuk itu,
hiasan, pernak-pernik serta atribut keperpustakaan Ayam Pintar akan disulap
menjadi tema tengkorak.
Usaha
Cafe dan Resto merupakan salah satu bidang usaha yang paling banyak di
Indonesia. Usaha ini dapat dijumpai hampir disemua daerah di Indonesia.
Masyarakat lebih mengenal dengan wisata Kuliner yang menyajikan makanan khas
Indonesia. Melihat bahwa masih terdapat apresiasi yang cukup tinggi dalam
makanan tradisional Indonesia, oleh karena itu kami turut serta dalam menambah
variasi keanekaragaman makanan tradisional Indonesia dengan ciri khas dalam
menu – menu yang disajikan.
Kerja
sama komunikasi bisnis yang dijalin adalah dekorasi keperpustakaan City of
Bones, tanpa mengubah menu makanan dan menambah menu minuman Resto City of Bones, memberikan bantuan
dekorasi ruangan serta pernak – pernik tengkorak untuk perpustakaan Ayam
Pintar.
Dalam kepustakaan buku, ditata oleh
lulusan dan para pelajar jurusan sastra untuk menambah nilai pengetahuan buku.
Buku – buku terdiri dari karangan ilmiah dan non ilmiah populer seperti novel,
komik, roman, biografi dsb. Dalam menambah variasi buku, dapat dilakukan
Secondhand books giving oleh para pelanggan. Buku – buku yang sudah lama atau
tidak digunakan dapat disumbangkan ke restoran. Para pegawai wajib memberi
informasi dan mengetahui persyaratan dan tata cara peminjaman buku dan
pengelolaan buku.
Dalam kegiatan hari jadi Ayam Pintar
yang pertama, akan diberikan sejumlah kupon diskon, diskon buku serta hadiah
pernak pernik dari City of Bones.
B.
Manfaat Usaha
·
Manfaat Ekonomi
Dengan adanya komunikasi bisnis, manfaat
ekonomi yang di peroleh adalah keuntungan bagi kedua owner usaha yang di
jalankan. Meningkatkan nilai promosi
usaha. Diharapkan dapat merekrut pegawai dari lingkungan terdekat yang memiliki
skill yang baik dan pendidikan pula demi membangun usaha kreatif ekonomi rakyat.
·
Manfaat Sosial
Kerja sama yang terjalin akan bermanfaat untuk dapat
menarik perhatian masyarakat. Dalam kerja sama ini, usaha ini tidak membatasi
pada golongan tertentu, malah sebaliknya diharapkan berbagai lapisan masyrakat
dapat mengunjungi restoran ini.
C.
Rumusan Masalah
Demi memperoleh data yang memuaskan,
maka harus merumuskan data sebagai
berikut:
·
Menganalisa apakah sudah ada komunikasi
bisnis antara resto dan perpustakaan restoran sebelumnya?
·
Jika sudah ada, apa saja kelebihan dan
kekurangan yang ada pada usaha sebelumnya?
·
Apakah
perlu usulan dalam peningkatan pelayanan terhadap konsumen, terutama yang
berhubungan dengan perpustakaan restoran?
·
Apakah
pelayanan terhadap customer dapat meningkat ?
D. Produk
A. Food
·
Ayam
·
APE (Ayam Penyet Enak) sambal ijo
Menyajikan ayam penyet
khas Indonesia disajikan dengan sambal ijo yang pedas. Banyaknya cabai dapat di
minta oleh pelanggan.
· APR
(Ayam Penyet Ria) sambal kecap manis
Menyajikan olahan ayam
penyet dengan bumbu kecap manis
· Ayam
Rica Gembria
Menyajikan olahan ayam
rica – rica pedas
· Ayam
Bakar Setan
Olahan Ayam bakar pedas
dengan salad
· Ayam
Panggang Gila
Disajikan dengan bumbu kecap dan saus
pedas serta sayuran
·
Ayam Goreng Empuk
Olahan ayam yang di goreng
dengan bumbu khas restoran
· Ayam
krispi
Olahan ayam krispi yang
renyah dan gurih disajikan dengan sambal khas restoran dan salad lengkap
·
Soto Ayam / Daging
·
Soup Ayam / Daging
·
Sate Ayam
·
Snack Classic
·
Steak Ayam Krispi / chicken double crispy
B. Beverages
· Soft
Drinks
· Teh
Manis
· Teh
Tarik
· Serba
Serbi kopi
· Serba
Serbi jus
· Soda
Gembira
· Es
Campur Ayam Pintar
E. Analisa SWAT
A. Faktor
Internal
Keunggulan dari komunikasi bisnis yang
terjalin adalah melahirkan kreatifitas baru antara usaha resto dan
perpustakaan. Keunggulan produk restoran ini dengan nama “Ayam Pintar” memiliki
nilai daya tarik yang tinggi bagi masyarakat.
Membuka kreatifitas baru restoran yang menyajikan perpustaan sekaligus. Dengan berada dilingkungan kampus dengan harga
yang terjangkau maka semakin menarik keinginan masyarakat untuk berkunjung.
Kelemahan produk yaitu makanan
memfokuskan pada menu ayam, sehingga konsep makanan serba ada bukan konsep dari
restoran ini. Pengunjung yang datang bisa dari para pencinta ayam dan memang
memenuhi kebutuhan makan sehari – hari dalam hal importance. Namun, masyarakat
vegetarian tentunya tidak akan makan ditempat ini.
B.
Faktor Eksternal
Tentunya masayarakat Indonesia mahir
dalam hal inspirasional dan inovatif produk. Dapat diprediksi bahwa akan ada pesaing – pesaing
yang datang serta menjalin kerja sama dalam bidang yang sama.
F.
Rencana Usaha
a. Jangka
Panjang
Usaha
“Ayam Pintar” diharapkan menjadi usaha yang baru di masyarakat. Menambah dan
turut serta dalam usaha ekonomi serta dunia pengetahuan. Dalam jangka panjang,
usaha ini tetap berdiri melahirkan owner yang turun temurun serta sudah
mendarah daging bagi masyarakat dengan generasi seterusnya.
b. Jangka
Pendek
Usaha jangka pendek diharapkan usaha
ini dapat sukses menjalin kerja sama. Dalam event tahunan, rencana yang akan
dijalankan setahun sekali. Pada jangka pendek, kegiatan besar – besaran di
laksanakan seharian.
G.
Analisis Pasar dan Pemasaran
Segementasi
pasar adalah masayarakat dari semua kalangan. Produk yang diunggulkan adalah
olahan ayam dan kepustakaan.
H. Strategi Pemasaran
Strategi
pemasaran dilakukan dengan cara menekankan promosi dengan:
a.
Sosial media
Melalui sosial media, promosi dilakukan
dengan melalui BBM, Instagram, Line, Twitter dan Facebook
b.
Penyebaran brosur dan spanduk serta
broadcasting melalui radio lokal
Dalam metode ini,
masyarakat akan mengetahui dan memperhatikan brosur atau spanduk pada saat
melewati jalan, akan diberikan langsung oleh petugas yang memberi di jalan.
Broacasting di Radio
dengan menggunakan modal usaha untuk strategi pemasaran ini. Diharapkan dengan
intensitas iklan, masyarakat menjadi penasaran dan ingin mengunjungi Ayam
Pintar.
c. Mulut ke Mulut
Apabila
masyarakat puas dalam pelayanan yang didapat, maka masyarakat akan meng share
apa yang telah mereka dapat dan mengajak mereka untuk ikut mencicipi cita rasa
masakan di Ayam Pintar.
I. Langkah – Langkah Promosi
Demi meningkatkan
kuantitas pelanggan yang datang, akan dilakukan promosi melalui kupon diskon,
kupon diskon buku serta souvenir dari resto City of Bones.
J. Analisis Operasional
·
Modal Awal :
Rp. 110.000.000
·
Perlengkapan Masak dan Makanan : Rp. 60.000.000
·
Perlengkapan Keperpustakaan : Rp. 20.000.000
·
Sewa Tempat : Rp. 20.000.000
·
Wifi : Rp. 500.000
·
Ac 3 buah : Rp. 6.500.000
·
Biaya Tak Terduga :
Rp. 3.000.000
K. Daftar Harga
A. Food
· APE
(Ayam Penyet Enak) sambal ijo Rp.
13.000
· APR
(Ayam Penyet Ria) sambal kecap manis Rp.
13.000
· Ayam
Rica Gembria Rp.
13.000
· Ayam
Bakar Setan Rp.
13.000
· Ayam
Panggang Gila Rp.
13.000
· Ayam
Goreng Empuk Rp.
13.000
· Ayam
krispi Rp.
14.000
· Soto
Ayam / Daging Rp.
12.000
·
Soup Ayam / Daging Rp. 12.000
· Sate
Ayam Rp.
12.000/porsi
· Snack
Classic Rp.
3.000
· Steak
Ayam Krispi / chicken double crispy Rp.
17.500
B. Beverages
· Soft
Drinks Rp.
6.000
· Teh
Manis Rp.
3.000
· Teh
Tarik Rp.
5.000
· Serba
Serbi kopi Rp.
6.000
· Serba
Serbi jus Rp.
6.000
· Soda
Gembira Rp.
6.500
· Es
Campur Ayam Pintar Rp.
7.000
C. City of Bones
☠ Bad Blood
Float
Rp. 25.000
☠milkshake (Strawberry, Chocolate, Vanilla) Rp. 15.000
☠ Hot/ Cold Death by chocolate
Rp. 45.000
☠ Dark Coffe Bone
Cup Rp. 25.000
☠ Tea Bone
Cup
Rp. 17.000
☠ Milk Blood Bone
Cup Rp.
25.000
☠ Espresso Bone
Cup Rp.
55.000
☠ Moccachino Bone
Cup
Rp. 50.000
L. Ketentuan Peminjaman Buku Ayam Pintar
Para pelanggan dengan mudah
menikmati fasilitas dan kenyamanan membaca di perpustakaan Ayam Pintar
sekaligus dapat meminjam buku yang tersedia, maka ketentuan yang harus
diketahui oleh pelanggan yaitu:
·
Peminjaman dilakukan dengan menunjukan
kartu identitas
·
Peminjaman buku selama seminggu, apabila
melewati batas hari yang akan ditentukan maka akan dikenai denda sebagai
berikut:
a. Rp. 500 untuk perharinya
b. Rp. 1.000 apabila melewati seminggu
·
Apabila terjadi kehilangan, pelanggan
diharapkan mengganti buku yang sesuai dengan harga buku yang hilang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar