Bloggeria

Bloggeria

Kamis, 30 April 2015

Proposal Bisnis

Pendahuluan

A.        Latar Belakang

            Usaha Cafe dan Resto merupakan salah satu bidang usaha yang paling banyak di Indonesia. Usaha ini dapat dijumpai hampir disemua daerah di Indonesia. Masyarakat lebih mengenal dengan wisata Kuliner yang menyajikan makanan khas Indonesia. Melihat bahwa masih terdapat apresiasi yang cukup tinggi dalam makanan tradisional Indonesia, oleh karena itu kami turut serta dalam menambah variasi keanekaragaman makanan tradisional Indonesia dengan ciri khas dalam menu – menu yang disajikan.
            Juru masak yang bertugas tentunya merupakan orang Indonesia asli yang memiliki cita rasa masakan Indonesia yang tinggi. Menu unggulan akan memfokuskan pada ayam. Olahan Ayam yang berbeda – beda merupakan ciri khas masakan Indonesia yang tidak ada bandingannya. Untuk menambah keunikan dari restoran ini, disajikan konsep Library House to Eat yang memiliki maksud menyatukan kuliner serta pendidikan menjadi bersamaan. Diharapkan menambah kepuasan para pelanggan yang datang bukan hanya untuk mencicipi dan makan masakan tetapi juga dapat bersantai bagi para pegawai, anak sekolah, mahasiswa/mahasiswi dan masyarakat umum.
            Dalam kepustakaan buku, ditata oleh lulusan dan para pelajar jurusan sastra untuk menambah nilai pengetahuan buku. Buku – buku terdiri dari karangan ilmiah dan non ilmiah populer seperti novel, komik, roman, biografi dsb. Dalam menambah variasi buku, dapat dilakukan Secondhand books giving oleh para pelanggan. Buku – buku yang sudah lama atau tidak digunakan dapat disumbangkan ke restoran. Para pegawai wajib memberi informasi dan mengetahui persyaratan dan tata cara peminjaman buku dan pengelolaan buku.
            Jam operasi restoran ini mulai pukul 12.00 hingga 22.00 dan berada di dekat lingkungan kampus. Investasi yang dibutuhkan sesuai dengan owner dari restoran dan akan menyesuaikan dengan modal yang diperoleh dan modal awal dapat segera dikembalikan setelah 2 tahun membuka usaha ini dengan keuntungan yang terus menerus setiap bulannya.

B.         Manfaat Usaha

·         Manfaat Ekonomi
         Manfaat ekonomi yang di peroleh adalah keuntungan bagi owner usaha yang di jalankan. Diharapkan dapat merekrut pegawai dari lingkungan terdekat yang memiliki skill yang baik dan pendidikan pula demi membangun  usaha kreatif ekonomi rakyat.

·           Manfaat Sosial
Manfaat sosial yang diperoleh adalah dapat memenuhi kebutuhan primer      masyarakat yaitu makan serta kebutuhan dalam menambah pengetahuan dalam dunia kepustakaan.  Usaha ini tidak membatasi pada golongan tertentu, malah sebaliknya diharapkan berbagai lapisan masyrakat dapat mengunjungi restoran ini.

C.        Rumusan Masalah

            Demi memperoleh data yang memuaskan, maka  harus merumuskan data sebagai      berikut:
·         Menganalisa apakah sudah ada perpustakaan restoran sebelumnya?
·         Jika sudah ada, apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada pada usaha sebelumnya?
·         Apakah perlu usulan dalam peningkatan pelayanan terhadap konsumen, terutama yang berhubungan dengan perpustakaan restoran?
·         Apakah pelayanan terhadap customer dapat meningkat ?

D.        Produk

            A.        Food
·         Ayam
·         APE (Ayam Penyet Enak) sambal ijo
Menyajikan ayam penyet khas Indonesia disajikan dengan sambal ijo yang pedas. Banyaknya cabai dapat di minta oleh pelanggan.
·       APR (Ayam Penyet Ria) sambal kecap manis
Menyajikan olahan ayam penyet dengan bumbu kecap manis
·       Ayam Rica Gembria
Menyajikan olahan ayam rica – rica pedas
·       Ayam Bakar Setan
Olahan Ayam bakar pedas dengan salad
·       Ayam Panggang Gila
       Disajikan dengan bumbu kecap dan saus pedas serta sayuran
·        Ayam Goreng Empuk
Olahan ayam yang di goreng dengan bumbu khas restoran
·       Ayam krispi
Olahan ayam krispi yang renyah dan gurih disajikan dengan sambal khas restoran dan salad lengkap
·        Soto Ayam / Daging
·        Soup Ayam / Daging
·        Sate Ayam
·        Snack Classic
·        Steak Ayam Krispi / chicken double crispy

B.         Beverages
·       Soft Drinks
·       Teh Manis
·       Teh Tarik
·       Serba Serbi kopi
·       Serba Serbi jus
·       Soda Gembira
·       Es Campur Ayam Pintar

E.      Analisa SWAT

          A.        Faktor Internal
        Keunggulan produk restoran ini dengan nama “Ayam Pintar” memiliki nilai daya tarik  yang tinggi bagi masyarakat. Membuka kreatifitas baru restoran yang menyajikan perpustaan sekaligus.  Dengan berada dilingkungan kampus dengan harga yang terjangkau maka semakin menarik keinginan masyarakat untuk berkunjung.
        Kelemahan produk yaitu makanan memfokuskan pada menu ayam, sehingga konsep makanan serba ada bukan konsep dari restoran ini. Pengunjung yang datang bisa dari para pencinta ayam dan memang memenuhi kebutuhan makan sehari – hari dalam hal importance. Namun, masyarakat vegetarian tentunya tidak akan makan ditempat ini.
B.         Faktor Eksternal
       Tentunya masayarakat Indonesia mahir dalam hal inspirasional dan inovatif produk. Dapat   diprediksi bahwa akan ada pesaing – pesaing yang datang.
   
F.         Rencana Usaha

            a.         Jangka Panjang
         Usaha “Ayam Pintar” diharapkan menjadi usaha yang baru di masyarakat. Menambah dan turut serta dalam usaha ekonomi serta dunia pengetahuan. Dalam jangka panjang, usaha ini tetap berdiri melahirkan owner yang turun temurun serta sudah mendarah daging bagi masyarakat dengan generasi seterusnya.
            b.         Jangka Pendek
         Usaha jangka pendek diharapkan usaha ini dapat buka hingga 5 tahun berjalannya usaha serta dapat dikembangkan melihat hal – hal yang terjadi dimasa depan.

G.        Analisis Pasar dan Pemasaran

        Segementasi pasar adalah masayarakat dari semua kalangan. Produk yang diunggulkan adalah olahan ayam dan kepustakaan.

H.        Strategi Pemasaran

             Strategi pemasaran dilakukan dengan cara menekankan promosi dengan:
a.             Sosial media
       Melalui sosial media, promosi dilakukan dengan melalui BBM, Instagram, Line, Twitter dan Facebook
b.             Penyebaran brosur dan spanduk serta broadcasting melalui radio lokal
    Dalam metode ini, masyarakat akan mengetahui dan memperhatikan brosur atau spanduk pada saat melewati jalan, akan diberikan langsung oleh petugas yang memberi di jalan.
       Broacasting di Radio dengan menggunakan modal usaha untuk strategi pemasaran ini. Diharapkan dengan intensitas iklan, masyarakat menjadi penasaran dan ingin mengunjungi Ayam Pintar.
              c.       Mulut ke Mulut
                        Apabila masyarakat puas dalam pelayanan yang didapat, maka masyarakat akan meng share apa yang telah mereka dapat dan mengajak mereka untuk ikut mencicipi cita rasa masakan di Ayam Pintar.

I.          Langkah – Langkah Promosi

                      Demi meningkatkan kuantitas pelanggan yang datang, akan dilakukan promosi melalui kupon diskon untuk 100 orang pendatang pertama. Kupon diskon ini berlaku selama sebulan berjalannya usaha. Para pelanggan akan mendapatkan 50% diskon untuk makanan tertentu.

J.          Analisis Operasional

·         Modal Awal  : Rp. 110.000.000
·         Perlengkapan Masak dan Makanan         : Rp. 60.000.000
·         Perlengkapan Keperpustakaan                 : Rp. 20.000.000
·         Sewa Tempat                                                : Rp. 20.000.000
·         Wifi                                                                : Rp. 500.000
·         Ac 3 buah                                                      : Rp. 6.500.000
·         Biaya Tak Terduga                                      : Rp. 3.000.000

K.        Daftar Harga

            A.        Food
·      APE (Ayam Penyet Enak) sambal ijo                    Rp. 13.000
·       APR (Ayam Penyet Ria) sambal kecap manis     Rp. 13.000
·       Ayam Rica Gembria                                                Rp. 13.000
·       Ayam Bakar Setan                                                   Rp. 13.000
·       Ayam Panggang Gila                                              Rp. 13.000
·       Ayam Goreng Empuk                                             Rp. 13.000
·       Ayam krispi                                                              Rp. 14.000
·       Soto Ayam / Daging                                               Rp. 12.000
·      Soup Ayam / Daging                                              Rp. 12.000
·       Sate Ayam                                                                 Rp. 12.000/porsi
·       Snack Classic                                                            Rp.   3.000                   
·       Steak Ayam Krispi / chicken double crispy       Rp. 17.500

B.         Beverages
·       Soft Drinks                                                                Rp. 6.000
·       Teh Manis                                                                 Rp. 3.000
·       Teh Tarik                                                                   Rp. 5.000
·       Serba Serbi kopi                                                       Rp. 6.000
·       Serba Serbi jus                                                          Rp. 6.000
·       Soda Gembira                                                           Rp. 6.500
·       Es Campur Ayam Pintar                                         Rp. 7.000

L.         Ketentuan Peminjaman Buku Ayam Pintar

               Para pelanggan dengan mudah menikmati fasilitas dan kenyamanan membaca di perpustakaan Ayam Pintar sekaligus dapat meminjam buku yang tersedia, maka ketentuan yang harus diketahui oleh pelanggan yaitu:
·         Peminjaman dilakukan dengan menunjukan kartu identitas
·         Peminjaman buku selama seminggu, apabila melewati batas hari yang akan ditentukan maka akan dikenai denda sebagai berikut:
a. Rp. 500 untuk perharinya
b. Rp. 1.000 apabila melewati seminggu

·         Apabila terjadi kehilangan, pelanggan diharapkan mengganti buku yang sesuai dengan harga buku yang hilang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar