Bloggeria

Bloggeria

Minggu, 20 April 2014



Kewirausahaan

   Kewirausahaan (Entrepreneurship) berasal dari bahasa Perancis : Perantara. Kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya dengan menggunakan usaha dan waktu yang diperlukan, memikul resiko finansial, psikologi dan sosial yang menyertainya, serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi.
   Wirausahawan adalah orang yang merubah nilai sumber daya, tenaga kerja, bahan dan faktor produksi lainnya menjadi lebih besar daripada sebelumnya dan juga orang yang melakukan perubahan, inovasi dan cara-cara baru.
  • Tiga jenis perilaku  Wirausahawan:
a.     Memulai inisiatif
b.     Mengorganisasi dan mereorganisasi mekanisme sosial/ekonomi untuk merubah sumber daya dan situasi dengan cara praktis
c.     Diterimanya resiko dan kegagalan  
  • Karakteristik Wirausahawan Menurut McClelland :
a.      Keinginan untuk berprestasi
b.      Keinginan untuk bertanggung jawab
c.      Preferensi kepada resiko-resiko menengah
d.      Persepsi kepada kemungkinan berhasil
e.      Rangsangan oleh umpan balik
 f.        Aktivitas energik
g.      Orientasi ke masa depan
h.       Keterampilan dalam pengorganisasian
 i.        Sikap terhadap uang
  • Inovasi adalah kunci penting seorang wirausahawan  
  • Penentuan Potensi Kewirausahaan
Di bawah ini hal-hal yang bisa memberikan potensi bagi kewirausahaan:   (karakteristik wirausahawan yang sukses dengan n Ach tinggi)
             a.         Kemampuan inovatif
             b.         Toleransi terhadap kemenduaan (ambiguity)
             c.         Keinginan untuk berprestasi
             d.         Kemampuan perencanaan realistis
             e.         Kepemimpinan terorientasi kepada tujuan
              f.          Obyektivitas
             g.         Tanggung jawab pribadi
             h.         Kemampuan beradaptasi
              i.           Kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator 
  • Untuk kebutuhan usaha baru harus memperhitungkan kebutuhan, dorongan dan aspirasi. Tiga kebutuhan dasar yang mempengaruhi pencapaian tujuan ekonomi menurut McClellan yaitu kebutuhan untuk berprestasi (n Ach), kebutuhan berafiliasi (n Afill) dan kebutuhan untuk berkuasa (n Pow). 
  • n Ach dapat diperkuat dan dikembangkan melalui program pelatihan. Tahap-tahapnya antara lain : 
a.    Menyadarkan orang-orang pada potensi mereka untuk mendapatkan         karakteristik kewirausahaan. Mereka dilatih untuk membuat rencana, harapan, kesulitan dan mengevaluasi segala tindakan yang telah dilakukan  
b.     Pengembangan sindrom prestasi. Individu diajar untuk berpikir, berbicara,    bertindak dan menyadari orang lain
c.   Dukungan kognitif.  Tujuannya untuk membantu orang-orang menghubungkan cara berfikir baru dengan asumsi mereka sebelumnya dan cara melihat dunia.
d.   Pemberian dukungan emosional peserta di dalam usaha mereka untuk merubah diri  
  • Sumber Gagasan Bagi Produk dan Jasa Baru :
a.      Kebutuhan akan sumber penemuan
b.      Hobi atau kesenangan pribadi
c.      Mengamati kecenderungan-kecenderungan
d.      Mengamati kekurangan-kekurangan produk dan jasa yang ada
e.      Mengapa tidak terdapat ?
 f.        Kegunaan lain dari barang-barang biasa
g.      Pemanfaat produk dari perusahaan lain
  • Analisa Pulang Pokok  
  • Pengertian : merupakan suatu teknik untuk menentukan volume penjualan yang harus dicapai, agar tercapai posisi impas / pulang pokok (perusahaan tidak mendapat laba tapi juga tidak menderita rugi). Analisa Pulang Pokok adalah proses menghasilkan informasi yang mengikhtisarkan berbagai tingkat keuntungan dan kerugian yang berkaitan dengan berbagai tingkat produksi
  • Unsur dasar analisa pulang pokok : 
a.   Biaya tetap
b.   Biaya variabel
c.   Biaya total
d.    Pendapatan total
e.   Keuntungan
f.       Kerugian
g.  Titik pulang pokok  
  • Pengertian hak guna paten adalah pengaturan secara formal dalam suatu hubungan / cara bisnis, dimana perusahaan franchise (pemilik hak guna paten) memberi hak istimewa kepada franchisee (perusahaan pengguna hak guna paten), untuk menggunakan nama, logo, produk, prosedur operasi, dsb
  • Jenis-jenis hak guna paten (franchise) 
a.     Franchise untuk mendistribusikan hasil produksi
b.     Franchise yang menawarkan nama, citra, metode menjalankan usaha, dll
c.    Franchise yang menawarkan jasa seperti agen pribadi, konsultasi pajak dan real estate 
  •   Pengertian pemasaran langsung : merupakan proses penyampaian pesan        maupun produk kepada pelanggan, melalui berbagi media
  •  Pemasaran langsung : aktifitas total dengan mana penjual mempengaruhi       transfer barang dan jasa pada pembeli, mengarahkan usahanya pada pemerhati dengan menggunakan satu media atau lebih untuk tujuan mengumpulkan tanggapan melalui telepon, pos atau kunjungan dari calon pelanggan
  •  Teknik alternatif pemasaran langsung :
a.     Periklanan terklasifikasi
b.     Periklanan display
c.     Kiriman pos langsung
d.     Katalog penjualan
e.     Pemasaran tanggapan langsung media
  • Bentuk kepemilikan perusahaan :
a.     Pemilikan tunggal / perseorangan : (firma), Dimiliki dan dijalankan oleh         satu orang, pemilik tidak perlu membagi laba
b.     Kongsi
a.     Ada perjanjian tertulis
b.     Dimiliki 2 orang atau lebih
c.     Umur perusahaan terbatas
d.     Pemilikan bersama atas harta
e.     Ikut serta dalam manajemen dan pembagian laba
c.     Perusahaan Perseroaan
a.     Perusahaan dengan badan hukum
b.     Kewajiban pemilik saham terbatas pada jumlah saham yan   dimiliki
c.     Pemilikan dapat berpindah tangan
d.     Eksitensi relatif lebih stabil/permanen
  • KEPAILITAN
Suatu kondisi dimana sebuah institusi bisnis tidak mampu menutupi kewajiban  jangka pendeknya
  • Alternatif penyelesaian kepailitan :
a.     LIKUIDASI
b.     REORGANISASI
c.     RESCHEDULING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar